Breaking News
Loading...

SI CANTIK RAFFLESIA, KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

Sejarah Nama Raflesia Arnoldi 
Adalah sejenis bunga berasal dari golongan Amorpholus Titanium Becc bunga bangkai, dan termasuk suku Araceae talas-talasan (Read more: http://www.hasbihtc.com/sejarah-nama-raflesia-arnoldi-si-bunga-bangkai.html#ixzz2h7Bztdc1) yang tumbuh secara simbiosis di kawasan dengan suhu udara dingin atau berada di daerah pegunungan.

Tidak banyak orang yang tau sebelumya tentang bunga jenis ini hingga pada abad ke 19, seorang peneliti asal Belanda, Sir Stamford Raffles, dan
rekannya seorang ahli fisika Joseph Arnold
menemukan jenis bunga baru pada tahun 1818 di daerah Bengkulu dan menamai bunga tersebut sesuai nama mereka berdua yaitu RAFFLESIA ARNOLDI

Saat ini tidak hanya tumbuh di Bengkulu, bunga bangkai atau bunga rafflesia juga tumbuh subur di kawasan utara kota Bukittinggi, yaitu Batang Palupuh Kabupaten Agam Propinsi Sumatra Barat. Bentuk dan jenis bunga nya pun sama persis dengan yang tumbuh di Bengkulu.

Karena masuk dalam jenis bunga yang di lindungi undang-undang, pemerintah setempat telah berupaya untuk menjaga kawasan Batang Palupuh sebagai kasawan konservasi dan dijadikan sebagai kawasan wisata alam.

lokasinya sangat menantang, karena harus berjalan kaki menuju lokasi tumbuhnya bunga tersebut, bagi mereka yang pernah datang dan berkunjung biasanya akan merasa terpuaskan dengan suasana pegunungan yang asri dan berada di lembah gugusan bukit barisan. Jarak tempuh pun tidak terlalu jauh dari kota Bukittinggi menuju Batang Palupuh hanya sekitar 12 km, hanya saja untuk menuju tempat mekarnya bunga, meski di tempuh dengan jalan kaki dan melewati lembah yang cukup terjal.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan melihat mekarnya si cantik ini, bisa melalui biro perjalanan yang ada di Bukittinggi atau lansung mendatangi masyarakat yang bermukim di Batang Palupuh. Biasanya masyarakat lokal yang ada disana mengetahui dengan pasti spot spot dimana bunga rafflesia itu tumbuh dan mekar, tentunya dengan sedikit petualangan alam yang pastinya menyenangkan. Dan yang penting sekali diingat sebelum melihat tumbuh kembangnya si cantik ini, adalah waktu mekarnya.

0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX