Breaking News
Loading...

JAM GADANG BUKITTINGGI

Terletak di pusat jantung kota Bukittingi, Jam Gadang menjadi ikon wisata Kota Bukittinggi sekaligus salah satu kebanggaan bagi semua masyarakat di Sumatra Barat. Tanpa ada yang mengomandoi, setiap hari lokasi ini selalu di padati pengunjung dari berbagai kota baik lokal maupun mancanegara. Mungkin hanya sekedar duduk-duduk menikmati udara yang sejuk ataupun mengabadikan kebersamaan melalui camera saku atau camera profesional, bahkan ada yang begitu teliti membaca sekilas sejarah yang
tertulis di bawah monumen ini.

Dibangun pada masa pemerintahan Belanda, bangunan ini dulunya berbentuk kubah bulat dan patung ayam jago dipuncak menaranya, selanjutnya mengalami perubahan bentuk atap pada masa kekuasaan Jepang dan mengganti atapnya berbentuk klenteng, dan hingga saat ini perubahan bentuk atap disesuaikan dengan gonjong rumah gadang.

Keunikan dari bentuk dan desain Jam Gadang ini di klaim hanya ada dua di dunia, dimana kembaran jam gadang terpasang di Big Ben, Inggris, serta mesinnya yang bekerja secara manual sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Selain itu yang juga menjadi tanda tanya sebagian pengunjung adalah belum diketahuinya alasan pasti atas kesalahan penulisan angka empat romawi ( IV), menjadi angka I berjejer sebanyak empat buah (IIII). Belum ada penjelasan secara pasti apakah ini disengaja, atau memang kesalahan dari pembuat jam asal Jerman tersebut.

Menikmati keindahan kota Bukittingi, tidak hanya sebatas duduk di Jam Gadang, tetapi kita juga bisa mengelilingi kota ini dengan menggunakan jasa angkutan tradisional yang berjejer di dekat Jam Gadang  yaitu Bendi. Kendaraan roda dua yang ditarik oleh seekor kuda ini, merupakan kuda asli kota Bukittinggi yang menurut sejarahnya juga sering digunakan untuk pacu kuda yang sudah menjadi tradisi semenjak masa pemerintahan Belanda dulu nya.

Tidak perlu biaya yang besar untuk bisa berkeliling kota dengan bendi ini, dengan sedikit negoisasi dengan "Kusir Bendi", kita bisa melihat indahnya panorama kota Bukittingi dan suasana alamnya yang memang berada di dataran tinggi yang berbukit.




0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX