Breaking News
Loading...

Duo Janiah ( Grup Vocal )

Musik merupakan ungkapan seni secara universal, dimana setiap orang bebas mengungkapkan jiwa seninya dalam musik maupun lagu. Seakan musik menjadi salah satu pemersatu antar berbagai suku bangsa, budaya dan agama. Meskipun secara garis besar, saat ini seni musik lebih mengarah pada musik barat yang didominasi oleh musik pop. Tetapi di berbagai negara, musik tradisional tetap merajai di daerah nya masing-masing.

Di Sumatra Barat, terkenal dengan musik minang yang juga menyesuaikan dengan  kemajuan musik saat ini. Musik tradisi yang terkenal dengan nama Talempong dan Saluang telah
dikembangkan dengan sedemikian rupa dengan alat musik moderen sehingga menghasilkan harmonisasi nada yang lebih enak untuk didengar.

Salah satu musik minang moderen yang baru-baru ini di usung oleh grup vocal Duo Janiah, adalah minang RnB yang menggabungkan musik tradisi dengan nuansa pop RnB. Grup vocal ini mencoba menawarkan alternatif baru untuk para penggemar musik untuk bisa melihat musik tradisi minang tidak hanya sekedar untuk kalangan tertentu saja.

 
Dengan album berjudul Padiah ( Pedih ), album ini terdiri 8 lagu andalan yang semuanya dikemas sedemikian rupa dengan jenis musik antara satu lagu dengan lagu yang lainnya berbeda, sehingga tidak membosankan untuk didengar. Juga keseluruhan lagu dalam album ini telah didaftarkan pada berbagai operator seluler untuk nada sambung pribadi atau RBT.

Musik yang di usung oleh grup ini ternyata memang membawa suasana yang berbeda dimana sentuhan musik dan lirik serta syair yang disuguhkan benar-benar disesuaikan dengan perkembangan musik yang trend saat ini. Meskipun masih ada kekurangan dari berbagai aspek, namun upaya untuk membuat suatu hasil karya seni, Grup Duo Janiah ini bisa dikategorikan berhasil memberikan sentuhan baru bagi perkembangan musik minang khususnya.


Bagi peminat musik, ini bisa dijadikan referensi bahwa musik minang, tidak hanya sekedar musik tradisional yang hanya bisa dinikmati segelintir orang. Saat ini vidio clip Duo Janiah bisa dilihat di Youtube.

0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX