Breaking News
Loading...

TUGU EQUATOR DI LEMBAH KHATULISTIWA, BONJOL KABUPATEN PASAMAN

Inilah salah satu kekayaan luar biasa yang tidak semua daerah bisa di lewati oleh garis Khatulistiwa. Selama ini Pontianak adalah kota yang menjadi sorotan banyak pihak yang secara kebetulan juga merupakan ibu kota propinsi. Kabupaten Pasaman yang terletak di Propinsi Sumatra Barat juga di lewati oleh garis tersebut dimana menjadi perlintasan jalur transportasi darat di Sumatra. Adalah kota Kecamatan Bonjol yang menyimpan sejarah penting dalam masa lalu nya seperti tanah kelahiran pejuang Paderi, Tuanko Imam Bonjol.
Ada yang unik dari monumen yang di bangun sebagai tanda garis khatulistiwa. sebuah bangunan bola dunia yang di kombinasikan dengan rumah adat minang kabau dan tulisan " You Are Crossing The Equator ". Garis lintang 0° ini semakin indah dengan desain biru bola dunia yang berada di pinggir jalan raya, dan disandingkan dengan jembatan yang beratapkan seperti rumah adat minangkabau.



Agar semakin indah tugu tersebut, dilokasi yang sama juga terdapat miniatur bola dunia sebagai simbol garis khatulistiwa dan juga terdapat sebuah bangunan rumah adat yang dijadikan sebagai museum perjuangan Tuanku Imam Bonjol dan replika peralatan yang dipakai semasa hidupnya.


 

 Saat yang tepat untuk berwisata ke Bonjol adalah ketika matahari benar-benar berada di titik nol derajat. Titik kulminasi ini terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21-23 Maret dan 21-23 September. Dan jika datang tepat pada pukul 12.00 WIB, Anda akan mendapati bayang-bayang tubuh hilang dari permukaan tanah alias bayangan tubuh sejajar dengan badan, Dengan cuaca yang lumayan panas dengan suhu tropis, menjadikan Bonjol banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.



Dan baru-baru ini pada tanggal 2 Juni 2013 lalu, telah diadakan etape I Tour  De Singkarak 2013 dengan star di Bukittingi dan finis di Equator Bonjol yang diikuti oleh pembalap mancanegara sebagai salah satu upaya untuk memajukan pariwisata di kawasan Khatulistiwa Bonjol.



demikian..

0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX