Breaking News
Loading...

RUMAH GADANG " NEGERI 1000 GONJONG"

Rumah adat sebagai identitas suatu suku bangsa yang menjadi jati diri dan pembuktian akan keberadaannya baik pada masa lalu maupun saat ini sebagai satu bukti kejayaannya dan patut untuk dibanggakan. Begitu beragamnya rumah adat di Indonesia membuktikan betapa budaya bangsa mampu menjadi satu dalam kesatuan utuh.
Salah satu Rumah Adat yang ada adalah Rumah Gadang Minangkabau. Suku Bangsa Minangkabau berada di Pulau Sumatera dan secara geografis terletak di pesisir pantai barat Sumatera berbatasan lansung dengan Samudra Hindia. Sejarah singkat dari desain Rumah Gadang itu sendiri  konon terinspirasi dari kemenangan masyarakat minang dalam sayembara adu kerbau yang diadakan di daerah setempat.

 Karena kecerdikan masyarakat minang saat itu mereka mampu memenangkan adu kerbau tersebut dan menjadikan tanduk kerbau sebagai lambang kemenangan dan mereplesikan semangat juang dalam bentuk atap Rumah Gadang yang begitu unik yang disebut dengan "atap bagonjong"

Dahulu, disetiap pelosok negeri Minangkabau terpampang dengan nyata deretan bangunan  bagonjong yang di huni penduduknya. Sangat asri dan ramah lingkungan, karena bahan dasar dari pembuatan rumah murni berbahan kayu sebagai tiang penyangga, dinding, lantai dan ijuk sebagai atap nya. Bahkan ada yang dibangun tanpa menggunakan paku besi, hanya mengandalkan pasak kayu yang sangat kokoh menyangga satu sama lainnya.

Atap Rumah Gadang yang menyerupai tanduk kerbau menjadi bukti identitas budaya Minangkabau yang masih terpelihara dengan baik sampai saat ini, meskipun sudah banyak penduduk setempat yang merubah desain rumah mereka dengan nuansa yang berbeda. Namun di beberapa daerah di Sumatera Barat masih memiliki aset budaya yang terjaga dengan baik sampai hari ini. Bahkan dijadikan sebagai objek wisata serta museum anak negri.

 Dan pemerintah pun telah menjadikan Rumah Gadang sebagai ikon daerah dengan mendirikan bangunan perkantoran, fasilitas umum, sekolah, mesjid, yang menyerupai replika Rumah Gadang meski tetap menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Sehingga tak salah jika Minangkabau di identikan dengan negeri 1000 Gonjong, karena hanya di Minangkabau lah kita bisa menemukan bangunan unik dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau menjulang ke langit.

Berikut adalah dokumentasi Rumah  Gadang

0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX