Breaking News
Loading...

PESONA KOTA TUA SAWAHLUNTO

Sawahlunto merupakan salah satu kota di Sumatra Barat, Indonesia yang berada di gugusan bukit barisan dengan pemandangan yang begitu mempesona, bersuhu hangat dan diapit oleh bukit sehingga terlihat seperti kota yang berada dalam sebuah wajan besar. Sawahlunto dapat ditempuh dengan jalur darat sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Padang, ibu kota Sumatera Barat.
Dalam perjalanannya, Kota Sawahlunto telah mengalami berbagai kejadian  yang sangat begitu menggelitik untuk dikaji dari berbagai disiplin ilmu. Seperti sejarah ditemukannya kadar batu bara yang diperkirakan sebagai kualitas batu bara terbaik di dunia pada akhir abad ke 19, bertemunya berbagai suku bangsa  Indonesia yang bekerja dan dipekerjakan secara paksa dan cerita pilu dibalik digalinya gua demi gua tambang yang penuh dengan misteri dan tetesan darah pribumi dimasa penjajahan.

Seiring waktu berlalu Kota Sawahlunto telah meninggalkan berjuta cerita dan misteri yang patut untuk kembali di lihat sesuai dengan pemikiran kita masing-masing. Bangunan masa lampau menjadi saksi betapa maju dan berkembangnya kota Sawahlunto pada jamannya. Terlihat saat ini masih bertahannya bangunan tua yang telah mengalami perbaikan dan digunakan sebagai museum, fasilitas umum dan perkantoran.

Tak salah jika  Kota Sawahlunto menamai dirinya sebagai Kota Tua dan siap memanjakan mata para wisatawan dengan pemandangan nan mempesona, cerita dan bukti sejarah yang masih terpelihara seperti lobang Mbah suro, Gudang Ransum, dan objek wisata pendukung lainnya.

Berikut  adalah beberapa dokumentasi Sawahlunto, 
kediaman walikota
mak itam ( lokomotif kereta api )

Lobang Mbah Suro



tungku perapian

mesjid raya sawahlunto



lobang Batu Bara

orang rantai ( pekerja paksa )

gedung dan gereja







museum kereta api


perkantoran
gedung serbaguna






0 komentar:

Copyright © 2013 inspirasi perjalanan hidup All Right Reserved - Shared by WpCoderX